-->

4 Masakan Khas Kalimantan Timur Paling Lezat Dan Wajib Anda Coba

jajanan yang wajib dicoba saat di samarinda 4 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak dan Wajib Anda Coba
Makanan khas Kalimantan Timur - Halo semuanya, di artikel ini admin akan membagikan kepada Anda 4 kuliner khas Kalimantan Timur yang menggugah selera, pokoknya bila belum makan kuliner ini Anda belum sah mengunjungi Kalimantan Timur.

Bukan hanya makanannya saja yang lezat, di kawasan Kalimantan Timur juga kaya sekali obyek wisata yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi, ibarat sungai mahakam dan wisata lainnya. Pada zaman dahulu provinsi Kalimantan Timur juga terkenal alasannya yaitu peninggalan Kerajaan Kutai yang tersebar.

Yuk eksklusif saja, berikut ini merupakan 4 kuliner khas Kalimantan Timur yang wajib untuk dicoba.

4 Jajanan Khas Kalimantan Timur


1. Nasi Kuning Khas Samarinda

Jika Anda pernah berkunjung ke kawasan Kalimantan Timur atau kota Samarinda, Anda niscaya menemui kaya sekali pedagang kaki lima yang menjual nasi kuning khas Samarinda ini di pinggir jalan.

Nasi kuning khas Samarinda ini begitu terkenal alasannya yaitu kenimatannya. Menurut admin yang membedakan nasi kuning khas Samarinda dengan nasi kuning khas kawasan lain merupakan adanya bumbu habang orisinil Samarinda.

Baca Juga : Mau nyunrise di Jogja? Berikut daftar wisata anda

Minyak habang ini dibentuk dengan cara menumis rempah-rempah ibarat bawang putih dan bawang merah, cabai, daun salam, dan daun jeruk dengan memakai minyak panas. Setelah itu ditambahkan dengan garam, gula, air asam, telur, dan ayam goreng sambil diaduk hingga lalu tercampur, sehabis aroma sudah tercium dan bumbu telah meresap, gres deh bumbu hadang siap dicampur dengan nasi kuning khas Samarinda.

2. Pepes Kepiting

Mungkin terdengar gila bagi orang awam, namun bagi para pecinta masakan niscaya admin yakin Anda pernah mendengar bahkan pernah memakan pepes kepiting ini. Mungkin pepes kepiting ini kalah terkenal dengan pepes ikan, pepes udang, dan pepes tahu, namun di kawasan Kalimantan Timur kaya sekali yang menjual pepes kepiting ini dengan ciri khas Kalimantan Timur.

Jenis kepiting yang dipakai sebagai materi dasar pepes kepiting merupakan kepiting soka. Kepiting soka dimasak dengan cara ditumis dengan rempah rempah ibarat cabai, serai, daun kemangi, dan rempah lainnya. Setelah ditumis, kepiting tersebut eksklusif dikukus hingga matang, lalu dibakar. Lezat sekali rasanya.

3. Ayam Cincane

Ayam cincane ini sangat nikmat apabila dijadikan lauk yang disantap dengan nasi, inginpun dijadikan kuliner utama saat ada program pesta. Ayam cincane ini harus Anda coba, tak susah untuk menemui kuliner ini kok, di rumah makan pinggir jalan juga kaya yang menjualnya.

Baca Juga : Spot sunset terbaik di kota jogja

Masakan yang berbahan dasar ayam ini sangat enak alasannya yaitu dipadukan dengan bumbu yang bewarna sedikit kemerahan. Bumbu tersebut merupakan bumbu khas Samarinda yang dibentuk dengan memakai rempah rempah ibarat terasi, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Pokoknya mantap banget deh makan siang atau makan malam dengan lauk ayam cincane dengan dipadukan oleh nasi hangat.

4. Nasi Bekepor

Menu kuliner khas Kalimantan Timur yang terakhir ini cukup paling gila terdengar di kuping Anda. Nasi bekepor merupakan nasi putih biasa yang disaapabilan bersama rempah-rempah, minyak sayur, dan ikan asin sebagai lauk utamanya. Jika Anda ingin mencicipi kenikmatan yang lebih lagi, Anda sanggup mencampurkan nasi bekepor dengan sayur asem yang dicampur dengan kepala ikan dan ubi manis.

Yang membuat nasi bekepor enak merupakan sambal raja, ya sambal raja ini merupakan sambal yang dibentuk dengan materi dasar kacang panjang, bawang merah, terong ungu, telor ayam yang ditumis dan dimasak dengan rempah rempah lainnya, sesampai lalu menghasilkan aroma dan rasa yang begitu enak khas Kalimantan Timur.

0 Response to "4 Masakan Khas Kalimantan Timur Paling Lezat Dan Wajib Anda Coba"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel