-->

Awal Munculnya Kalender Islam, Baca Sejarah Yuk !!!





Sejarah Kalender Islam

Sebagai umat muslim kita sangatlah perlu mengenal sejarah dan bagian dari Agama islam salah satunya adalah sejarah kalender islam, kalender islam adalah kalender yang digunakan untuk menentukan tanggal, bulan dan tahun yang berkaitan dengan ibadah dan hari penting dalam bulan islam.

Kalender Hijriyah berhubungan dengan Hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari makkah ke madinah, pada tahun 622 M dibeberapa negara yang mayoritas penduduknya agama islam seperti di Indonesia ini kalender hijriyah digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari, pada kalender hijriyah digunakan peredaran bulan sebagai acuannya berbeda dengan kalender masehi acuannya adalah Matahari.

Perbedaan Kalender Hijriyah dengan kalender masehi terletak pada permulaan awal hari dan tanggal umumnya kalender masehi mengawali hari pada pukul 00.00 dini hari, namun pada kalender Hijriyah waktu dimulai pada ketika terbenamnya matahari di wilayah setempat,

Kalender hijriyah dibangun pada siklus sinodik bulan kalender lunar (Qomariyah) yang memiliki 12 bulan dalam satu tahun.
Dengan demikian pada bulan hijriyah terdapat nama-nama bulan seperti :

- Muharram 30 hari
- Safar lama  29 hari
- Rabiul Awal 30 hari
- Rabiul Akhir 29
- Jumadil Awal 30 hari
- Jumadil Akhir 29 hari
- Rajab 30 hari
- Sya'ban 29 hari
- Ramadhan 30 hari
- Syawal 29 hari
- Dzulkaidah 30 hari
- Dzulhijjah 29/30 hari

Pada hari islam juga berbeda dengan hari - hari dalam nama masehi seperti,
Al-Ahad (Ahad)
Al-Ithnayn (Senin)
Ats-Tsalaatsa' (Selasa)
Al-Arbaa-a/Ar-Raabi' (Rabu)
Al-Khamsah (Kamis)
Al-Jumu'ah (Jumat)
As-Sabt (Sabtu)

Pada awal mulanya kalender 1 hijriyah dilakukan 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Namun, sistem yang mendasari Kalender Hijriah telah ada sejak zaman pra-Islam, dan sistem ini direvisi pada tahun ke-9 periode Madinah.

Jadi sampai sini dulu ya menambah sedikit wawasan penting dalam kehidupan kita, sebab sejarah adalah identitas diri manusia selama manusia ingat dan menjaga akan sejarahnya maka akan selalu terjaga pula keimanan dalam dirinya. Wasalam

0 Response to "Awal Munculnya Kalender Islam, Baca Sejarah Yuk !!!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel